Cina mulai bangun ‘Hutan Vertikal’ Pertama di Asia

feat

Cina akan menjadi negara pertama di Asia yang membangun ‘Hutan Vertikal’. Walaupun disebut sebagai hutan sebenarnya Hutan vertikal adalah sebuah gedung hijau yang ditumbuhi banyak tanaman.

Hutan vertikal ini diperkirakan mampu menghasilkan 60 kg oksigen setiap hari atau setidaknya 3000 kali lebih murni daripada udara di kota.

Nanjing Tower akan menjadi bangunan pertama di China yang menggunakan konsep hutan vertikal yang mana akan membawa lebih dari 3000 jenis tanaman yakni 1000 jenis  dari 23 spesies lokal yang ada di Cina.

Bangunan ini Tower ini akan didirikan oleh arsitek asal Italia Stefano Boeri. Nanjing Tower akan terdiri dari 2 Gedung gedung pertama setinggi 656 kaki dan gedung kedua sedikit lebih rendah dengan 354 kaki secara bersejajar. 

Gedung yang lebih tinggi akan menjadi kantor museum dan sekolah sementara gedung yang lebih rendah akan dijadikan hotel.

Tower ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2018 dan dipastikan akan menawarkan pemandangan yang sangat menarik di Cina. Designer Stefano Boeri juga telah mendesain 2 tower di Milan, Italia yang Bosco Verticale.

Semoga saja suatu saat kota vertical ini bisa ada di Indonesia.

Leave a Reply